PENGERTIAN RISET PEMASARAN DAN METODE - METODE RISET PEMASARAN

Riset pemasaran adalah Kegiatan pencarian informasi yang akurat dalam bidang pemasaran yang
melibatkan antara konsumen, pelanggan dan public untuk mengidentifikasi dan menetapkan
peluang dan masalah pemasaran, menciptakan, menjaga dan mengevaluasi kegiatan pemasaran.  Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut
peluang pasar. Dalam membuat riset  pasar,  ada  3 metode  yang  paling  umum menjadi  pilihan  banyak  pelaku
usaha. Berikut ini adalah metode - ­metode tersebut :

Hasil gambar untuk Quisioner
1. Quisioner

Cara  pertama  ini  adalah  memberikan  daftar  pertanyaan seputar  data  yang  Anda  perlukan
untuk usaha Anda, Anda perlu menyiapkan responden dari konsumen potensial yang akan
menjawab quisioner. Biasanya supaya responden bertanggung jawab penuh dengan jawaban
dalam quisioner maka sebaiknya Anda memberikan imbalan yang sesuai, seperti souvenir
atau sejumlah uang.
Hasil gambar untuk Riset
2. Riset Grup

Cara kedua ini dengan membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial
Anda. Tugas mereka adalah menyampaikan apa yang mereka butuhkan, merasakan produk
Anda dan memberikan pendapat seputar produk yang mereka rasakan tadi. Mereka juga bisa
dimintai pendapat mereka soal apa yang perlu Anda perbaiki seputar produk Anda. Lagi-
lagi Anda perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari grup ini.

Hasil gambar untuk Survey3. Survey

Ini  adalah  cara  terakhir  dan  cara  paling  populer.  Disini  Anda  membuat  survey  dengan
mengajukan pertanyaan sederhana dan simpel seputar produk yang akan Anda riset. Survey
biasanya  bersifat  random  dan  kerap  kali  sukarela.  Jadi  jangan  sampai  pertanyaan  Anda
menyita dan menganggu. Tapi belakangan istilah survey juga bisa merupakan nama lain dari
quisioner.

4. Evaluating

Riset­riset  yang  masuk  kategori  ini  biasanya  digunakan  untuk  mengevaluasi  program-
program  pemasaran  yang  telah  dilakukan  sebelumnya,  misal  sebuah  perusahaan ingin
melakukan  dampak  program  komunikasi  dan  promosi  yang  telah  dilakukan  terhadap kenaikan  atau  penurunan  popularitas  merek­mereknya,  termasuk  didalamnya  adalah
ketika  pemasar  ingin  mereview positioning brand  dibandingkan  dengan  pesaing-
pesaingnya termasuk dalam kategori ini.

5. Riset Kepuasan Pelanggan

Riset  kepuasan  pelanggan  juga  masuk  dalam  kategori  ini  terutama  bagi  perusahaan-
perusahaan  yang  nuansa  “jasa”  nya  sangat  kental  seperti  perbankan,  hotel,
telekomunikasi, dll. Mereka secara berkala melakukan survei ini untuk memantau tingkat
kepuasan  pelanggannya,  sekaligus  juga  mereka  ingin  mendapatkan  masukan  apa  saja
faktor­faktor mampu meningkatkan kepuasan pelanggannya secara signifikan.
SHARE

Bobi Arip Budiman

Hay, Terimakasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. ya walaupun ilmu saya pun masih sedikit tapi dengan berbagi InsyaAllah ilmu akan bertambah Aamiin. Silahkan komentar jika teman - teman mempunyai pertanyaan seputar postingan ini Terimakasih.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image