MANFAAT RISET PEMASARAN DAN RUANG LINGKUPNYA

MANFAAT RISET PEMASARAN
Understanding
Memamahi konsumen adalah salah satu insight penting bagi perusahaan, seberapa sukses
perusahaan  ditentukan  oleh  seberapa  dalam  perusahaan  memahami  konsumennya.
Karena  itu  yang  masuk  dalam  kategori  riset  ini  adalah  tentang  riset  tentang  potret
kebiasaan  dan  perilaku  konsumen  atau  riset­riset  tentang  harapan  dan  kebutuhan
konsumen.
Predicting
Dari tiga fungsi riset  pemasaran  diatas  bisa jadi fungsi  ketiga inilah  yang  paling susah
dan  beresiko  tinggi  karena  unsur  ketidakpastiannya  paling  tinggi.  Perusahaan  ketika
merancang  produk  baru  atau  ingin  memasuki  pasar  baru  selalu  dihadapkan  pada
pertanyaan  apakah  produk  barunya  dapat  diterima  oleh  konsumen?  Atau  apakah  pasar
baru  yang  akan  dimasuki  memiliki  potensi  yang  menjanjikan?.  Dengan  menggunakan
riset  pemasaran  seoarang  pemasar  akan  terbantu  untuk  diyakinkan  dalam  menjawab
pertanyaan­pertanyaan tadi, meski ada catatan karena bersifat prediksi maka angka yang
hasil yang dihasilkan dari riset kategori ini tingkat  akurasinya lebih kecil dibandingkan
dengan dua kategori riset sebelumnya.
Dengan memahami fungsi dan tujuan riset pemasaran tadi kita akan dengan lebih mudah
menentukan kira­kira motede riset apa yang kita perlukan untuk menjawab tujuan­tujuan
yang  ingin  kita  capai,  tentu  tidak semua  persoalan  bisa  dijawab  dengan  menggunakan
riset  pemasaran,  pengalaman  dan  intuisi  juga  tetap  diperlukan.  Kombinasi  antara  data,
insight,  pengalaman,  dan intuisi  akan menghasilkan  pengambilan  keputusan  pemasaran
yang unggul dan prima.
Ruang Lingkup Kegiatan Riset Pemasaran
1. Riset Pasar dan Penjualan
 Mengukur potensial pasar  Menganalisa luas pasar yang dikuasai beserta komposisinya
 Menyelidiki karakteristik pasar  Menganalisa penjualan
 Menaksir permintaan terhadap barang baru
 Membuat ramalan tentang penjualan
 Menetapkan daerah penjualan
 Mengadakan penilaian terhadap metode penjualan
 Menganalisa kegiatan para penjual beserta kompensasinya
 Meneliti saluran distribusi
2. Riset Barang
 Meneliti barang­barang saingan
 Menyelidiki barang­barang yang ada
 Mengadakan penilaian dan pengujian pasar terhadap barang baru
 Meneliti desain dan karakteristik pembungkus
 Menyelidiki bauran produk (product mix)
3. Riset Ekonomi Perusahaan
 Mengadakan peramalan jangka pendek (sampai dengan 1 tahun)  Mengadakan peramalan jangka panjang (lebih dari 1 tahun)  Menyelidiki perkembangan perusahaan
 Menyelidiki kebijaksanaan harga
 Menyelidiki lokasi gudang dan lokasi pabrik
 Menyelidiki ekspor dan kegiatan internasional lain Menyelidiki kegiatan karyawan perusahaan
4. Riset Periklanan
 Penelitian terhadap motivasi  Penelitian terhadap media advertensi  Meneliti keefektivan advertensi  Meneliti kegiatan periklanan dan praktik penjualan pesaing
5. Riset Lingkungan
 Menyelidiki akibat­akibat lingkungan
 Menyelidiki kebijaksanaan dan nilai­nilai sosial  Menyelidiki batasan­batasan hukum terhadap periklanan dan promosi
Selain  kegiatan­kegiatan  tersebut,  sebenarnya  masih  ada  beberapa  kegiatan  riset  pemasaran
lainnya. Namun, terlalu banyak untuk disebutkan di sini. Dari sekian kegiatan riset pemasaran
yang ada, yang paling banyak dilakukan adalah:
1. Penelitian karakteristik pasar
2. Pengukuran potensi pasar
3. Analisa market­share
4. Analisa penjualan

SHARE

Bobi Arip Budiman

Hay, Terimakasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. ya walaupun ilmu saya pun masih sedikit tapi dengan berbagi InsyaAllah ilmu akan bertambah Aamiin. Silahkan komentar jika teman - teman mempunyai pertanyaan seputar postingan ini Terimakasih.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image