MENGENAL INTERNET



  A. Mengenal Tentang Internet
Pada jaman saat ini semua orang pasti mengenal internet . karena pada saat sekarang ini manusia lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya dari pada dunia nyata , baik itu untuk hal positif ataupun negative tergantung dari penggunanya  . Keuntungan dan kerugian adanya internet sangatlah banyak . bahkan anak yang berumur dibawah 5 tahun pun sudah bisa menggunakan internet . perlu disadari pula khususnya diindonesia kita seriang mendengar kasus yang terjadi disebabkan karena dunia maya tapi kitapun tidak lupa bahwa sudah banyak orang – orang di Indonesia yang suskes dengan berbisnis lewat internet.
A.I Sejarah Internet Sejarah internet merupakan jaringan komputer yang dibuat oleh departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 , dengan proyek yang bernama ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) salah satu tujuan adalah menghubungkan para ilmuan yang berbeda lokasi untuk berbagi informasi.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sejarah internet di Indonesia pada tahun 1970-an tetapi internet popular pada tahun 1990-an yang dikutip dari www.wikipedia.com dan perkembangan internet di Indonesia ataupun dunia sangatlah cepat bahkan mungkin pengguna internet di dunia mencapai 90%, mulai dari anak kecil , anak muda , dewasa maupun orang tua , baik yang berprofesi karyawan ,guru , petani atapun profesi lainnya .
Internet adalah dunia maya dan disitu tidak ada yang mengontrolnya karena itubersifat public, cooperative dan independent network tetapi untuk dinegara Indonesia ada UU ITE yang bertujuan untuk menghukum seseorang yang dengan sengaja mencemarkan nama baik ataupun perlakuan yang melanggar hukum yang sudah diatur pada UU ITE tersebut.
A.II Pengertian Internet dan cara terkoneksi
Internet ( international networking ) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia .
 

Keuntungan dan Kerugian internet diantaranya sbb :

  • Keuntungan Internet

·         Komunikasi cepat
·         Sumber Infomasi
·         Hiburan
·         Layanan online untuk transaksi
·         Media social
·         Dan lain – lain tergantung dari penggunanya

  • Kerugian Internet

·         Spamming
·         Virus
·         Pornografi
·         Hubungan kurang baik di dunia nyata
·         Dan lain – lain tergantung dari penggunaanya .

Cara terkoneksi pada internet terdiri dari dua macam
     a. Teknologi Kecepatan lambat dengan menggunakan DIAL-UP atau modem yang tersambung denga kabel telepon
b   b. Teknologi kecepatan tinggi dengan menggunakan DSL, kabel modem, FTTP, fixed wireless, wireless modem, Wi-Fi, and satellit modems

Bahkan untuk saat ini,  masyarakat di dunia lebih sering terkoneksi dengan internet menggunakan smartphone yang berteknologi canggih daripada menggunakan komputer bahkan dengan kecepatan internet yang lebih tinggi . untuk hanya sekedar baca berita , social media ataupunyang lainnya .

Cara kerja jaringan Internet di PC sbb :
Komputer – Modem – Penyedia Layanan – Server web

Berikut ini nama dan singkatan nama domain
Internet Protocol ( IP ) Adress yang dikonfersi ke text contoh
Nama domain www.google.com
IP Adress = 216.239.39.99
Berikut ini nama domain
.COM = Commersial , .NET = Network , .ORG = Organization , .BIZ = Bussines, .INFO = Information , .EDU = Education , .SCH = School , .CO.ID = Untuk Indonesia dan lain lain.
SHARE

Bobi Arip Budiman

Hay, Terimakasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. ya walaupun ilmu saya pun masih sedikit tapi dengan berbagi InsyaAllah ilmu akan bertambah Aamiin. Silahkan komentar jika teman - teman mempunyai pertanyaan seputar postingan ini Terimakasih.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment