Smartphone Android untuk mengontrol satelit di orbit


Paul Marks, koresponden kepala teknologi
Lead.jpg (Gambar: ISRO)
 
Sebuah satelit dengan smartphone Android pada intinya kini mengorbit Bumi di ketinggian 785 kilometer. Disebut Strand-1, penggabungan satelit tentang ponsel Google Nexus One merupakan upaya yang berani untuk menguji seberapa baik murah, off-the-shelf elektronik konsumen menangani variasi suhu keras dan microchip-peledakan radiasi kosmik ruang.
Kalau bisa, katakan pembuat satelit - Surrey Satellite Technology dan Surrey Space Centre berbasis di University of Surrey, Guildford, Inggris - pesawat ruang angkasa tersebut bisa menjadi jauh lebih murah untuk membuat. Telepon mengorbit dibeli dari sebuah toko di High Street Guildford.
The phonesat lepas landas pada 12.32 GMT kemarin kapal sebuah Kendaraan Peluncuran Satelit India Polar dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Shriharikota, India. Roket membawa satelit kecil dari India, Perancis, Kanada, Inggris, Denmark dan Austria. Salah satu pesawat dua Kanada adalah the-koper berukuran asteroid-spotter NEOSat , kependekan dari Object Bumi Satelit Surveillance Dekat, yang akan diwaspadai batu yang masuk seperti yang datang entah dari mana dan meledak di atas Rusia pada tanggal 15 Februari.
Tapi itu adalah Strand-1 - Inggris pertama cubesat - bahwa ruang-penerbangan insinyur akan menonton dengan bunga tertentu. Satelit berukuran kotak sepatu termasuk komputer berbasis Linux untuk mempertahankan orientasi dengan mengendalikan pendorong plasma miniatur. Tetapi kontrol akan, pada berbagai titik dalam misi, akan beralih ke sirkuit ponsel Android untuk melihat bagaimana konsumen tingkat elektronik berupaya. Dapatkah accelerometers dan penerima GPS beroperasi sebagai sistem pembinaan murah? Tidak ada yang tahu. Satelit ini sudah berhasil kontak dengan kontrol tanah dan tim berencana untuk menghubungi telepon dalam beberapa hari ke depan.
2nd.jpg (Gambar: Surrey Satellite Technology)
 
Radiasi dapat menjadi masalah besar dalam ruang karena masuk sinar kosmik proton memiliki cukup energi untuk flip 1 biner yang disimpan dalam sebuah chip memori ke 0, dan sebaliknya, merusak perangkat lunak dan menyebabkan crash. Pada pertama dibayar-untuk misi kargo SpaceX Naga ke Stasiun Luar Angkasa Internasional Oktober lalu, misalnya, salah satu komputer penerbangan pesawat ruang angkasa itu tersingkir oleh hit radiasi . Jadi ponsel Google menghadapi waktu yang menantang.
Di sisi menyenangkan, untai-1 smartphone juga membawa empat aplikasi Android ditulis oleh para pemenang kompetisi Facebook untuk terbang "app Anda dalam ruang" .
SHARE

Bobi Arip Budiman

Hay, Terimakasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. ya walaupun ilmu saya pun masih sedikit tapi dengan berbagi InsyaAllah ilmu akan bertambah Aamiin. Silahkan komentar jika teman - teman mempunyai pertanyaan seputar postingan ini Terimakasih.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image