MANFAAT RISET PEMASARAN
Understanding
Memamahi konsumen adalah salah satu insight penting bagi perusahaan, seberapa sukses
perusahaan ditentukan oleh seberapa dalam perusahaan memahami konsumennya.
Karena itu yang masuk dalam kategori riset ini adalah tentang riset tentang potret
kebiasaan dan perilaku konsumen atau risetriset tentang harapan dan kebutuhan
konsumen.
Predicting
Dari tiga fungsi riset pemasaran diatas bisa jadi fungsi ketiga inilah yang paling susah
dan beresiko tinggi karena unsur ketidakpastiannya paling tinggi. Perusahaan ketika
merancang produk baru atau ingin memasuki pasar baru selalu dihadapkan pada
pertanyaan apakah produk barunya dapat diterima oleh konsumen? Atau apakah pasar
baru yang akan dimasuki memiliki potensi yang menjanjikan?. Dengan menggunakan
riset pemasaran seoarang pemasar akan terbantu untuk diyakinkan dalam menjawab
pertanyaanpertanyaan tadi, meski ada catatan karena bersifat prediksi maka angka yang
hasil yang dihasilkan dari riset kategori ini tingkat akurasinya lebih kecil dibandingkan
dengan dua kategori riset sebelumnya.
Dengan memahami fungsi dan tujuan riset pemasaran tadi kita akan dengan lebih mudah
menentukan kirakira motede riset apa yang kita perlukan untuk menjawab tujuantujuan
yang ingin kita capai, tentu tidak semua persoalan bisa dijawab dengan menggunakan
riset pemasaran, pengalaman dan intuisi juga tetap diperlukan. Kombinasi antara data,
insight, pengalaman, dan intuisi akan menghasilkan pengambilan keputusan pemasaran
yang unggul dan prima.
Ruang Lingkup Kegiatan Riset Pemasaran
1. Riset Pasar dan Penjualan
Mengukur potensial pasar Menganalisa luas pasar yang dikuasai beserta komposisinya
Menyelidiki karakteristik pasar Menganalisa penjualan
Menaksir permintaan terhadap barang baru
Membuat ramalan tentang penjualan
Menetapkan daerah penjualan
Mengadakan penilaian terhadap metode penjualan
Menganalisa kegiatan para penjual beserta kompensasinya
Meneliti saluran distribusi
2. Riset Barang
Meneliti barangbarang saingan
Menyelidiki barangbarang yang ada
Mengadakan penilaian dan pengujian pasar terhadap barang baru
Meneliti desain dan karakteristik pembungkus
Menyelidiki bauran produk (product mix)
3. Riset Ekonomi Perusahaan
Mengadakan peramalan jangka pendek (sampai dengan 1 tahun) Mengadakan peramalan jangka panjang (lebih dari 1 tahun) Menyelidiki perkembangan perusahaan
Menyelidiki kebijaksanaan harga
Menyelidiki lokasi gudang dan lokasi pabrik
Menyelidiki ekspor dan kegiatan internasional lain Menyelidiki kegiatan karyawan perusahaan
4. Riset Periklanan
Penelitian terhadap motivasi Penelitian terhadap media advertensi Meneliti keefektivan advertensi Meneliti kegiatan periklanan dan praktik penjualan pesaing
5. Riset Lingkungan
Menyelidiki akibatakibat lingkungan
Menyelidiki kebijaksanaan dan nilainilai sosial Menyelidiki batasanbatasan hukum terhadap periklanan dan promosi
Selain kegiatankegiatan tersebut, sebenarnya masih ada beberapa kegiatan riset pemasaran
lainnya. Namun, terlalu banyak untuk disebutkan di sini. Dari sekian kegiatan riset pemasaran
yang ada, yang paling banyak dilakukan adalah:
1. Penelitian karakteristik pasar
2. Pengukuran potensi pasar
3. Analisa marketshare
4. Analisa penjualan
Understanding
Memamahi konsumen adalah salah satu insight penting bagi perusahaan, seberapa sukses
perusahaan ditentukan oleh seberapa dalam perusahaan memahami konsumennya.
Karena itu yang masuk dalam kategori riset ini adalah tentang riset tentang potret
kebiasaan dan perilaku konsumen atau risetriset tentang harapan dan kebutuhan
konsumen.
Predicting
Dari tiga fungsi riset pemasaran diatas bisa jadi fungsi ketiga inilah yang paling susah
dan beresiko tinggi karena unsur ketidakpastiannya paling tinggi. Perusahaan ketika
merancang produk baru atau ingin memasuki pasar baru selalu dihadapkan pada
pertanyaan apakah produk barunya dapat diterima oleh konsumen? Atau apakah pasar
baru yang akan dimasuki memiliki potensi yang menjanjikan?. Dengan menggunakan
riset pemasaran seoarang pemasar akan terbantu untuk diyakinkan dalam menjawab
pertanyaanpertanyaan tadi, meski ada catatan karena bersifat prediksi maka angka yang
hasil yang dihasilkan dari riset kategori ini tingkat akurasinya lebih kecil dibandingkan
dengan dua kategori riset sebelumnya.
Dengan memahami fungsi dan tujuan riset pemasaran tadi kita akan dengan lebih mudah
menentukan kirakira motede riset apa yang kita perlukan untuk menjawab tujuantujuan
yang ingin kita capai, tentu tidak semua persoalan bisa dijawab dengan menggunakan
riset pemasaran, pengalaman dan intuisi juga tetap diperlukan. Kombinasi antara data,
insight, pengalaman, dan intuisi akan menghasilkan pengambilan keputusan pemasaran
yang unggul dan prima.
Ruang Lingkup Kegiatan Riset Pemasaran
1. Riset Pasar dan Penjualan
Mengukur potensial pasar Menganalisa luas pasar yang dikuasai beserta komposisinya
Menyelidiki karakteristik pasar Menganalisa penjualan
Menaksir permintaan terhadap barang baru
Membuat ramalan tentang penjualan
Menetapkan daerah penjualan
Mengadakan penilaian terhadap metode penjualan
Menganalisa kegiatan para penjual beserta kompensasinya
Meneliti saluran distribusi
2. Riset Barang
Meneliti barangbarang saingan
Menyelidiki barangbarang yang ada
Mengadakan penilaian dan pengujian pasar terhadap barang baru
Meneliti desain dan karakteristik pembungkus
Menyelidiki bauran produk (product mix)
3. Riset Ekonomi Perusahaan
Mengadakan peramalan jangka pendek (sampai dengan 1 tahun) Mengadakan peramalan jangka panjang (lebih dari 1 tahun) Menyelidiki perkembangan perusahaan
Menyelidiki kebijaksanaan harga
Menyelidiki lokasi gudang dan lokasi pabrik
Menyelidiki ekspor dan kegiatan internasional lain Menyelidiki kegiatan karyawan perusahaan
4. Riset Periklanan
Penelitian terhadap motivasi Penelitian terhadap media advertensi Meneliti keefektivan advertensi Meneliti kegiatan periklanan dan praktik penjualan pesaing
5. Riset Lingkungan
Menyelidiki akibatakibat lingkungan
Menyelidiki kebijaksanaan dan nilainilai sosial Menyelidiki batasanbatasan hukum terhadap periklanan dan promosi
Selain kegiatankegiatan tersebut, sebenarnya masih ada beberapa kegiatan riset pemasaran
lainnya. Namun, terlalu banyak untuk disebutkan di sini. Dari sekian kegiatan riset pemasaran
yang ada, yang paling banyak dilakukan adalah:
1. Penelitian karakteristik pasar
2. Pengukuran potensi pasar
3. Analisa marketshare
4. Analisa penjualan
0 comments:
Post a Comment