Riset pemasaran adalah Kegiatan pencarian informasi yang akurat dalam bidang pemasaran yang
melibatkan antara konsumen, pelanggan dan public untuk mengidentifikasi dan menetapkan
peluang dan masalah pemasaran, menciptakan, menjaga dan mengevaluasi kegiatan pemasaran. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut
peluang pasar. Dalam membuat riset pasar, ada 3 metode yang paling umum menjadi pilihan banyak pelaku
usaha. Berikut ini adalah metode - metode tersebut :
1. Quisioner
Cara pertama ini adalah memberikan daftar pertanyaan seputar data yang Anda perlukan
untuk usaha Anda, Anda perlu menyiapkan responden dari konsumen potensial yang akan
menjawab quisioner. Biasanya supaya responden bertanggung jawab penuh dengan jawaban
dalam quisioner maka sebaiknya Anda memberikan imbalan yang sesuai, seperti souvenir
atau sejumlah uang.
2. Riset Grup
Cara kedua ini dengan membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial
Anda. Tugas mereka adalah menyampaikan apa yang mereka butuhkan, merasakan produk
Anda dan memberikan pendapat seputar produk yang mereka rasakan tadi. Mereka juga bisa
dimintai pendapat mereka soal apa yang perlu Anda perbaiki seputar produk Anda. Lagi-
lagi Anda perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari grup ini.
3. Survey
Ini adalah cara terakhir dan cara paling populer. Disini Anda membuat survey dengan
mengajukan pertanyaan sederhana dan simpel seputar produk yang akan Anda riset. Survey
biasanya bersifat random dan kerap kali sukarela. Jadi jangan sampai pertanyaan Anda
menyita dan menganggu. Tapi belakangan istilah survey juga bisa merupakan nama lain dari
quisioner.
4. Evaluating
Risetriset yang masuk kategori ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-
program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya, misal sebuah perusahaan ingin
melakukan dampak program komunikasi dan promosi yang telah dilakukan terhadap kenaikan atau penurunan popularitas merekmereknya, termasuk didalamnya adalah
ketika pemasar ingin mereview positioning brand dibandingkan dengan pesaing-
pesaingnya termasuk dalam kategori ini.
5. Riset Kepuasan Pelanggan
Riset kepuasan pelanggan juga masuk dalam kategori ini terutama bagi perusahaan-
perusahaan yang nuansa “jasa” nya sangat kental seperti perbankan, hotel,
telekomunikasi, dll. Mereka secara berkala melakukan survei ini untuk memantau tingkat
kepuasan pelanggannya, sekaligus juga mereka ingin mendapatkan masukan apa saja
faktorfaktor mampu meningkatkan kepuasan pelanggannya secara signifikan.
melibatkan antara konsumen, pelanggan dan public untuk mengidentifikasi dan menetapkan
peluang dan masalah pemasaran, menciptakan, menjaga dan mengevaluasi kegiatan pemasaran. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut
peluang pasar. Dalam membuat riset pasar, ada 3 metode yang paling umum menjadi pilihan banyak pelaku
usaha. Berikut ini adalah metode - metode tersebut :
1. Quisioner
Cara pertama ini adalah memberikan daftar pertanyaan seputar data yang Anda perlukan
untuk usaha Anda, Anda perlu menyiapkan responden dari konsumen potensial yang akan
menjawab quisioner. Biasanya supaya responden bertanggung jawab penuh dengan jawaban
dalam quisioner maka sebaiknya Anda memberikan imbalan yang sesuai, seperti souvenir
atau sejumlah uang.
2. Riset Grup
Cara kedua ini dengan membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial
Anda. Tugas mereka adalah menyampaikan apa yang mereka butuhkan, merasakan produk
Anda dan memberikan pendapat seputar produk yang mereka rasakan tadi. Mereka juga bisa
dimintai pendapat mereka soal apa yang perlu Anda perbaiki seputar produk Anda. Lagi-
lagi Anda perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari grup ini.
3. Survey
Ini adalah cara terakhir dan cara paling populer. Disini Anda membuat survey dengan
mengajukan pertanyaan sederhana dan simpel seputar produk yang akan Anda riset. Survey
biasanya bersifat random dan kerap kali sukarela. Jadi jangan sampai pertanyaan Anda
menyita dan menganggu. Tapi belakangan istilah survey juga bisa merupakan nama lain dari
quisioner.
4. Evaluating
Risetriset yang masuk kategori ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-
program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya, misal sebuah perusahaan ingin
melakukan dampak program komunikasi dan promosi yang telah dilakukan terhadap kenaikan atau penurunan popularitas merekmereknya, termasuk didalamnya adalah
ketika pemasar ingin mereview positioning brand dibandingkan dengan pesaing-
pesaingnya termasuk dalam kategori ini.
5. Riset Kepuasan Pelanggan
Riset kepuasan pelanggan juga masuk dalam kategori ini terutama bagi perusahaan-
perusahaan yang nuansa “jasa” nya sangat kental seperti perbankan, hotel,
telekomunikasi, dll. Mereka secara berkala melakukan survei ini untuk memantau tingkat
kepuasan pelanggannya, sekaligus juga mereka ingin mendapatkan masukan apa saja
faktorfaktor mampu meningkatkan kepuasan pelanggannya secara signifikan.
0 comments:
Post a Comment